GIF

Rabu, 18 Maret 2020

PELAYANAN PERPUSTAKAAN

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pelayanan dapat diartikan perihal atau cara melayani dan dapat diartikan sebagai usaha melayani kebutuhan orang lain. Pelayanan perpustakaan merupakan aktivitas perpustakaan dalam memberikan jasa layanan kepada pengguna perpustakaan. Pelayanan perpustakaan merupakan ujung tombak perpustakaan, karena bagian inilah yang berhubungan secara langsung dengan pengguna perpustakaan. Kegiatan yang dilaksanakan di perpustakaan ditujukan untuk pemanfaatan layanan dan fasilitas yang dimiliki perpustakaan.
Sistem pelayanan di perpustakaan, secara garis besar terdapat dua jenis yaitu sistem layanan terbuka (open access), sistem layanan tertutup ( close access). Kedua sistem pelayanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan penerapanya tergantung pada kondisi dan kebutuhan.

1. Sistem layanan terbuka (opened acces)
Menurut Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi (1999), sistem layanan terbuka adalah sistem yang memberikan kebebasan kepada pengguna perpustakaan memilih dan mengambil sendiri bahan pustaka yang dikehendakinya di tempat dan rak yang telah disediakan oleh perpustakaan kemudian buku yang akan dipinjam nanti diproseskan pinjam oleh pustakawan atau petugas perpustakaan.
Dalam pelaksanaannya sistem layanan terbuka pada perpustakaan memiliki beberapa keuntungan dan kerugian.

A. Kelebihan
1.  Pemustaka bebas memilih langsung ke dalam rak
2.  Pemakai akan merasa lebih puas karena ada kemudahan dalam menemukan      bahan pustaka dan alternatif lain jika yang dicari tidak ditemukan
3.  Pemustaka dapat membandingkan isi koleksi dengan judul yang dicarinya.
4.  Dalam sistem ini tenaga perpustakaan yang bertugas untuk mengembalikan bahan pustaka tidak diperlukan sehingga bisa diberi tanggung jawab di bagian lain.


    B. Kekurangan
1.  Tata letak buku di rak penempatan (jajaran) menjadi kacau karena Pemustaka cenderung mengembalikan koleksi seenaknya sehingga susunan buku di rak menjadi kacau.
Solusi : Pustakawan harus sering-sering melaksanakan patroli disaat pengunjung sedang ramai
2.  Ada kemungkinan buku yang hilang relatif lebih besar
Solusi : Menyediakan layanan keamanan yang lebih seperti penambahan CCTV disetiap sudut ruangan
3.  Tidak semua pemustaka paham dalam mencari koleksi di rak
Solusi : Pustakawan harus ramah
4.  Koleksi lebih cepat rusak
Solusi : Mengganti sistem layanan
5.  Membutuhkan keamanan yang lebih baik dan ketat agar kebebasan untuk mengambil sendiri bahan pustaka dari jajaran koleksi tidak menimbulkan berbagai hal yang tak diginkan seperti kehilangan atau perobekan bahan pustaka
Solusi : peninggkatan atau penambahan jumlah CCTV

2. Sistem layanan tertutup (closed acces)
Sistem layanan tertutup menurut Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi (1999) adalah pengguna perpustakaan harus menggunakan katalog yang tersedia untuk memilih pustaka yang diperlukannya. Pengguna tidak dapat mengambil sendiri bahan pustaka dari ruang koleksi, akan tetapi akan dibantu oleh petugas bagian sirkulasi.
     Sistem layanan tertutup memiliki beberapa keuntungan dan kerugian dalam pelaksanaannya.

       A.  Kelebihan
1.  Koleksi lebih terjaga kerapian dan susunanya di rak
2.  Daya tampung koleksi lebih banyak, karena jajaran rak satu dengan yang lain lebih dekat
3.  Kemungkinan Kerusakan dan kehilangan koleksi lebih sedikit
4.  Tidak memerlukan meja baca dan ruang koleksi


      B.  Kekurangan
1.  Pengguna kurang puas dalam mencari bahan pustaka yang diinginkanya
Solusinya : Pengguna bisa mendatangi/mengunjungi perpustakaan yang menyediakan layanan terbuka
2.  Koleksi yang didapat kadang-kadang tidak sesuai dengan kebutuhan pemakai
Solusi : Perpustakaan harus menambah jumlah koleksi/kecekatan seorang pustakawan dallam mencari/menemukan buku llebih ditingkatkan lagi
3.  Tidak semua pemakai paham menggunakan catalog
Solusi : Pustakawan harus menjelaskan/ membantu pengguna yang kurang paham cara mengunakan katalog
4.  Tidak semua koleksi dapat didayagunakan
Solusi : Agar koleksi dapat didayagunakan semuanya, ganti sistem layanan menjadi layanan terbuka
5.  Pustakawan lebih sibuk
Solusi : Penambahan jumlah pustakawan



*** SEKIAN***





DAFTAR PUSTAKA
Nurlaia. 2009. Penerapan Promosi Perpustakaan Dalam Peningkatan          Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Iqra’. 
     Vol 03 N0.01.

Radia. 2015. Sistem Pelayanan Close Accsess, Pemeliharaan Dan           Perawatan Koleksi Pada Layanan Koleksi Tandon. STAIN KUDUS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar